Saturday, April 20, 2024
HomeSeni BudayaTMII Gelar Tari Nusantara ke -39 Sebagai Warisan Budaya Indonesia

TMII Gelar Tari Nusantara ke -39 Sebagai Warisan Budaya Indonesia

tabloidbongkar. com -Melestarikan Budaya Tari di Indonesia Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar Parade Tari Nusantara ke-39 pada Minggu (12/11) dalam rangka mempromosikan dan melestarikan kekayaan warisan budaya tari Indonesia.

Direktur Utama TMII Claudia Ingkiriwang dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan, Parade Tari Nusantara menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mencintai keberagaman budaya yang dimiliki oleh bangsa ini.

“TMII sebagai wahana pelestari budaya, berkomitmen untuk terus mendukung upaya pelestarian dan pengembangan seni tradisional dan mendorong generasi muda agar cinta budaya,” kata Claudia.

Menurut dia, sudah lebih dari tiga dasawarsa Parade Tari Nusantara TMII diselenggarakan setiap tahun sekali secara rutin dan menjadi wadah kegiatan penampilan bersama dari berbagai provinsi dalam hal olah karya cipta dan penyajian tari nusantara.

Dilihat dari perannya sebagai motivator dalam hal kreativitas seni, Parade Tari Nusantara TMII merupakan kegiatan tingkat nasional yang dirasakan sangat besar manfaatnya.

“Terutama dalam rangka mengangkat budaya daerah serta sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam pelestarian dan pengembangan seni tari daerah secara nasional,” katanya.

Selain berfungsi sebagai media evaluasi dalam hal kreativitas penggarapan/karya seni tari, kata Claudia, kegiatan ini untuk mempromosikan dan memasyarakatkan tari daerah sehingga dapat memacu para pelaku seni tari melakukan pengembangan dalam memperkaya perbendaharaan khasanah seni tari daerahnya.

Claudia menuturkan dengan mengangkat tema “Nusantara”, Parade Tari Nusantara tahun ini akan mempersembahkan keindahan dan keunikan┬átarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

“Setiap tarian akan menjadi cermin dari keberagaman etnis, adat istiadat, dan sejarah yang melekat dalam budaya masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Acara berlangsung pada Minggu (12/11) dimulai pada pukul 09.00 WIB. Para peserta parade merupakan perwakilan dari masing-masing provinsi di Indonesia.

Peserta akan mengenakan kostum tradisional yang memukau, sementara langkah-langkah tarian peserta akan menggambarkan kekayaan seni budaya yang ada di negeri ini dengan garapan gerak tari, musik dan rias busana mencerminkan kekhasan tradisi daerah masing-masing.

Materi yang akan ditampilkan pun merupakan tari garapan baru yang berpijak pada tari tradisi daerah atau seni budaya tradisi daerah, yang belum pernah ditampilkan dalam kegiatan
parade/festival/ lomba tari tingkat nasional.(SP.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments