Friday, July 19, 2024
HomeNasionalRSUD Kabupaten Raja Ampat Terima Dokter Sepesialis WNI Lulusan Luar Negeri Melalui...

RSUD Kabupaten Raja Ampat Terima Dokter Sepesialis WNI Lulusan Luar Negeri Melalui Program Adaptasi

tabloidbongkar. com -Program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) adaptasi Dokter Spesialis Warga Negara Indonesia lulusan luar negeri telah berjalan selama satu tahun dua bulan dan telah menempatkan 18 dokter spesialis lulusan luar negeri di berbagai wilayah Indonesia salah satunya di Kabupaten Raja Ampat.

Pemerintah Kabupaten Raja Ampat menerima dengan baik adanya program adaptasi Dokter Spesialis Lulusan Luar Negeri di RSUD Raja Ampat.

Proses serah terima program adaptasi Dokter Spesialis Warga Negara Indonesia Lulusan Luar Negeri yang berlangsung di Aula RSUD Raja Ampat Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat Daya dilaksanakan pada tanggal 6 september 2023, dihadiri oleh Ketua Subkomite Pembekalan Komite Bersama Adaptasi drg Oscar Primadi, Dr. Maurits C Rumfaker (Staf Ahli SDM Kabupaten Raja Ampat, Direktur RSUD Raja Ampat dan jajaran, sekretaris Dinas Kesehatan dr Enggel Wader dan jajaran serta tim Sekretariat Komite Bersama Adaptasi dan dr Felix (dokter spesialis WNI LLN yang akan ditempatkan).

Bupati Raja Ampat melalui Sekretaris Dinas Kesehatan, dr Enggel Wader, dalam sambutan tertulisnya menyambut dengan baik kehadiran dokter spesialis penyakit dalam lulusan luar negeri di RSUD Raja Ampat.

Menurutnya adanya tambahan tenaga dokter di Raja Ampat dapat meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat secara efektif.

Bupati Raja Ampat menyampaikan harapannya semoga apa yang tersedia di RSUD Raja Ampat dapat mendukung dokter program adaptasi dalam menangani pasien yang ada di Kabupaten Raja Ampat.

Program adaptasi dokter yang akan dilaksanakan di RSUD Raja Ampat Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat Daya terbilang mudah dan tidak berbelit-belit namun berjalan sesuai ketentuan Undang-Undang sebab fasilitas yang ada cukup lengkap untuk mendukung pelaksanaan proses adaptasi.

Dr. Oscar Primadi selaku Ketua Subkomite Pembekalan Komite Bersama Adaptasi Kementerian Kesehatan mengatakan program adaptasi diperuntukkan kepada anak bangsa yang menempuh pendidikan di luar negeri.

Lanjutnya dokter spesialis yang saat ini ditugaskan di RSUD Raja Ampat merupakan lulusan pendidikan kedokteran luar negeri yang kembali ke tanah air guna mengabdi sesuai spesialisasi i dan bidangnya.

“Jadi dokter yang baru ini ditugaskan di sini untuk beradaptasi dan proses pematangan di bidangnya yang mana dia juga akan dibimbing oleh para senior-seniornya tempat ia bertugas,” jelas dr. Oscar

Dokter Felix yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam lulusan Filipina yang ditempatkan di RSUD Raja Ampat berterima kasih kepada Kemenkes dan mengakui bahwa mekanisme evaluasi program adaptasi yang dilaluinya berlangsung cepat.

“Saya berterima kasih kepada Kemenkes karena proses adaptasinya begitu cepat,” Kata dr. Felix.

Dr. Felix juga berharap dibimbing agar apa yang dilakukan nantinya dapat meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Raja Ampat.(Rd.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments