Wednesday, April 17, 2024
HomeNasionalPT KAI Siapkan Kereta Cadangan Atasi Lonjakan Penumpang Lebaran 2023

PT KAI Siapkan Kereta Cadangan Atasi Lonjakan Penumpang Lebaran 2023

tabloidbongkar. com -Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen di Jakarta Pusat telah menjual 447 tiket kereta api untuk periode mudik 2023 hingga pekan ketiga Ramadhan, yang didominasi pemesanan untuk keberangkatan pada H-5 sampai H-1 sebelum Idul Fitri 1444 H.

“Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit seperti H-5 sampai dengan H1 lebaran atau 17 – 22 April 2023. Tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 85 hingga 97 persen,” ujar Kahumas┬áKAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa┬ádi Jakarta Pusat, Jumat.

 

Hingga hari ini, terpantau keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen mulai ramai pemudik yang ingin pulang kampung lebih awal. Namun, jumlah penumpang masih terhitung normal sesuai rata-rata harian pada saat menjelang akhir pekan.
“Belum terdapat peningkatan jumlah penumpang yang signifikan. Untuk hari ini sekitar 8.800 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 8.200 penumpang dari Stasiun Gambir,” kata Eva.

 

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran 2023, PT KAI Daop (Daerah Operasi) 1 Jakarta menyiapkan tambahan kereta api (KA) jarak jauh sebanyak 1.513 perjalanan.

 

“PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen,” kata Eva.
Jumlah penambahan tersebut sudah termasuk perjalanan KA tambahan sebanyak 303 KA yang tiketnya sudah dapat dipesan sejak Senin (13/3).
“KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang,” ujar Eva.
Adapun Pemesanan tiket angkutan lebaran sudah dapat dilakukan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. Sementara loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.(R.tb)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments