Selasa, Oktober 3, 2023
BerandaNasionalPT KAI Jalin Kerjasama TNI polri Dalam Rangka Lebaran 2023

PT KAI Jalin Kerjasama TNI polri Dalam Rangka Lebaran 2023

tabloidbongkar. com -Badan Usaha Milik Negara PT Kereta Api Indonesia telah jalin kerja sama dengan TNI dan POLRI dalam rangka persiapan libur Lebaran 2023.

VP Corporate Secretary PT KAI Commuter Anne Purba ketika dijumpai Team kami di Stasiun Jakarta Kota, Selasa (25/4) mengatakan jalinan kerja sama dengan TNI dan POLRI ini dilakukan untuk memperkuat keamanan selama libur Lebaran 2023.

Menurutnya, saat ini mayoritas penumpang KRL bukan berasal dari kalangan pekerja yang sering menaiki moda transportasi ini, sehingga penambahan personil TNI dan POLRI di beberapa titik stasiun yang terpantau padat diperlukan.

 

Diharapkan penambahan personil keamanan tersebut dapat melakukan tugas edukasi dan sosialisasi terhadap penumpang mengenai aturan saat menggunakan KRL.

 

“Jadi, dapat kami sampaikan pada saat ini yang kami layani adalah mayoritas pengguna-pengguna seperti membawa anak kecil, musiman, pertama kali naik commuter, sehingga kami mengantisipasi dengan menambahkan petugas-petugas, baik dari posko kantor pusat ataupun petugas pengamanan,” kata Anne.

 

Sejauh ini, Anne mengatakan kasus kejahatan seksual di KRL belum ditemukan dan masih aman terkendali. Hal ini juga diperkuat setelah ia bersama timnya melakukan koordinasi dengan TNI dan POLRI serta petugas keamanan stasiun-stasiun di Jabodetabek.

 

“Kalau melihat beberapa stasiun padat, ada petugas-petugas TNI dan POLRI yang kita siapkan juga, baik dari BRIMOB juga petugas-petugas kami,” ujar Anne.

 

Selain memperkuat pengamanan melalui penambahan personil keamanan, PT KAI juga sudah menambah fasilitas CCTV analitik di beberapa stasiun padat untuk memudahkan mengantisipasi kejahatan yang mungkin terjadi. Khususnya kejahatan pelecehan seksual, pencopetan, dan hal lain yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna.

 

Selain itu, Anne menghimbau para orang tua agar selalu memberikan pengawasan ketat dan edukasi terhadap anak mereka. Hal ini disebabkan oleh tren penumpang KRL selama libur Lebaran ini mayoritas adalah anak-anak, sehingga diperlukan pengawasan lebih bagi mereka agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Adapun cuti bersama Lebaran berakhir di hari ini, PT KAI juga telah menyiapkan rencana untuk mengantisipasi jumlah penumpang yang kemungkinan akan melonjak besok saat kantor-kantor sudah mulai masuk. Selain para pekerja yang akan kembali menggunakan KRL, libur Lebaran terhadap anak sekolah masih berlanjut, sehingga pola rekayasa operasi akan dilakukan untuk meminimalisir keterlambatan kereta.

 

“Penambahan petugas bekerja sama dengan TNI POLRI masih terus kita lakukan dan rekayasa pola operasi. Tetapi, yang pasti di stasiun-stasiun kami siap membantu dengan adanya passenger service dan customer service mobil agar layanan-layanan kita tetap dapat dijalankan dengan baik,” kata Anne.(R.tb)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments