Wednesday, April 17, 2024
HomeDaerahPJ Gubernur Heru Meresmikan Reservoir Komunal Waduk Pluit Yang Dibuat PAM JAYA

PJ Gubernur Heru Meresmikan Reservoir Komunal Waduk Pluit Yang Dibuat PAM JAYA

tabloidbongkar. com -Perusahaan Umum Daerah Air Minum Jakarta Raya (PAM Jaya) resmi mengoperasikan empat reservoir komunal dan satu instalasi pengolahan air (IPA) di Jakarta, Rabu, yang dibuatkan untuk mencegah krisis air bersih sebagian wilayah di ibu kota.

Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin saat peresmian reservoir komunal Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Rabu, mengatakan empat reservoir komunal dan satu IPA yang dibuatkan PAM Jaya membuat perbaikan pelayanan air bersih dapat dirasakan hingga 7.748 pelanggan.

“Sampai dengan 7.748 Kepala Keluarga (KK). Atau kalau dikalikan enam anggota dalam satu KK itu berarti sekitar 42 ribu jiwa,” kata Arief.

Adapun IPA sendiri dibuatkan PAM Jaya untuk mengolah air Waduk Pluit menjadi bersih dan bisa melayani hingga 240 sambungan rumah tangga atau setara kurang lebih untuk 400 KK di RW 17 Penjaringan, Jakarta Utara.

IPA portabel tersebut sudah beroperasi sekitar satu bulan sebelum diresmikan atau pada awal September 2023. Ketika dioperasikan, IPA Penjaringan mampu memurnikan kandungan air Waduk Pluit yang tadinya padatan terlarut (total dissolved solid/TDS) mencapai 1.900 (sangat keruh) menjadi hanya sekitar 68 TDS (jernih).

“Kami pakai teknologi membran balik osmosis air laut (sea water reverse osmosis/ SWRO), PAM Jaya yang mengelola. Sehingga dari TDS hampir 2.000 di sini menjadi TDS kecil 68. Ini salah satu teknologi yang ingin kami terapkan di (IPA) Hutan Kota,” kata Arief.

Sedangkan empat reservoir komunal, antara lain Jalan Cakung Cilincing Jakarta Utara memiliki debit air mengalir hingga 100 liter per detik, volume reservoir 600 meter kubik dan cakupan perbaikan pelayanan hingga 6.516 pelanggan. Sumber air berasal
dari IPA Buaran 2.

Kemudian Jalan Raya STIP MarundaCilincing, Jakarta Utara memiliki debit air mengalir hingga 75 liter per detik, volume reservoir 560 meter kubik dan cakupan perbaikan pelayanan hingga 418 pelanggan, termasuk penghuni
Rusun Marunda. Sumber air berasal dari IPA Buaran 2.

Selanjutnya Reservoir Rusun Muara BaruPluit, Penjaringan, Jakarta Utara memiliki debit air mengalir hingga 2,5 liter per detik, volume reservoir 50 meter kubik dan cakupan perbaikan pelayanan hingga 282 pelanggan.

Reservoir ini mengatasi kekurangan air bersih di wilayah Rusun Waduk Pluit, Elektro, Pergudangan, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara dan sekitarnya. Sumber air berasal dari IPA Pejompongan 2.

Kemudian satu reservoir di Kelurahan Taman sari  Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat memiliki debit air hingga lima liter per detik, volume reservoir 50 meter kubik dan cakupan perbaikan 292 pelanggan. Sumber air berasal dari IPA Pejompongan 2.

Reservoir Komunal adalah penampungan air di dekat permukiman yang jauh
dari sumber utama instalasi pengolahan air PAM JAYA.

Mekanisme kerjanya, air yang dikirim dari IPA yang dikelola PAM Jaya ditampung di
reservoir kemudian dipompakan ke rumah-rumah warga.

Sehingga pelanggan yang berada pada titik terjauh dari lokasi IPA dapat menerima debit air yang cukup.

Sebelumnya PAM Jaya juga membangun reservoir komunal di Marunda Kepu yang sudah diresmikan pada bulan Desember 2022 dengan kapasitas reservoir 18 meter kubik untuk cakupan perbaikan 203 pelanggan, dan reservoir komunal Duri Kosambi yang diresmikan pada bulan Juni 2023 dengan kapasitas reservoir 50 meter kubik untuk cakupan perbaikan 633 pelanggan.

Sehingga tahun ini PAM JAYA telah melakukan investasi perbaikan
pelayanan sebesar Rp43,891 miliar untuk 8.577 pelanggan,(RD.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments