Friday, July 19, 2024
HomeSeni BudayaPetugas Dari Dinas KPKP DKI Lakukan Pemeriksaan Hewan qurban Jelang Idul Adha...

Petugas Dari Dinas KPKP DKI Lakukan Pemeriksaan Hewan qurban Jelang Idul Adha 1444 Hijriah

tabloidbongkar. com – Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah tempat penampungan atau penjualan hewan kurban di wilayah DKI Jakarta menjelang Idul Adha 1444 Hijriah.

“Sudah dimulai akhir Mei 2023, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban di tempat penampungan atau penjualan hewan kurban di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Suharini Eliawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.(4/6/2023)

 

Kegiatan tersebut dalam rangka menjamin kesehatan dan keamanan masyarakat dalam berkurban serta mencegah penyakit hewan menjelang Idul Adha pada akhir Juni 2023.

 

“Penilaian kelayakan tempat penampungan atau penjualan hewan kurban terkait fasilitas penunjang seperti atap peneduh, pagar pengaman, kandang karantina dan isolasi, penampungan limbah serta area disposal juga menjadi poin pengawasan petugas,” kata Suharini.
Selain itu, petugas juga melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dengan pemilik atau penjual hewan kurban terkait pencegahan penularan penyakit hewan, penerapan “biosecurity” (keamanan hewan) dan pelaporan jika ditemukan adanya dugaan kasus penyakit hewan menular.

 

Adapun antisipasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas KPKP DKI Jakarta dalam meninjau tempat penjualan hewan kurban tersebut sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 17 Tahun 2023 untuk prosedur lalu lintas hewan kurban yang masuk ke wilayah DKI Jakarta.

 

“Dinas KPKP telah melaksanakan sosialisasi dan koordinasi dengan dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan serta pejabat otoritas veteriner daerah pemasok hewan kurban,” ujar Suharini

 

Pemprov DKI dan Dinas KPKP DKI Jakarta berharap upaya ini dapat menjamin hewan kurban yang masuk ke DKI Jakarta aman dan sehat.

 

Pemprov DKI Jakarta menargetkan target vaksinasi Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) tahun ini terhadap hewan ternak di daerah ini sebanyak 5.310 dosis.

 

Suharini menyebutkan, vaksinasi PMK terhadap hewan ternak di DKI Jakarta sudah dilaksanakan sejak 2022. Kemudian, pada 2023 ini dilanjutkan sebanyak 3.071 dosis.

 

“Sehingga total sampai dengan saat ini sebanyak 8.497 dosis telah disuntikkan kepada sapi, kerbau, kambing dan domba di DKI Jakarta,” ujar Suharini.(R.tb)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments