Sunday, April 2, 2023
HomeNasionalPenumpang KA Jarak Jauh Menurun Sebelum Malam Tahun Baru 2023

Penumpang KA Jarak Jauh Menurun Sebelum Malam Tahun Baru 2023

tabloidbongkar. com -Jumlah penumpang KA Jarak Jauh di Stasiun Gambir dan Stasiun Senen mulai mengalami penurunan sebelum malam Tahun Baru 2023 Sabtu (31/12).

“Kalau kita melihat situasi keberangkatan penumpang KA Jarak Jauh dari DAOP 1 Jakarta, mulai mengalami penurunan jika dibandingkan beberapa hari sebelumnya,” kata Kepala Humas KAI DAOP 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Sabtu.

Menurut data, pada Sabtu (31/12) terdapat total 24.000 pengguna jasa yang berangkat dari area DAOP 1 Jakarta, di mana 15.000 pengguna jasa berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 9.000 lainnya dari Stasiun Gambir.

Meski demikian, Eva mengatakan 19 KA tambahan tetap beroperasi untuk diberangkatkan ke beberapa daerah tujuan.

Lebih lanjut, Eva mengatakan meski angka keberangkatan mulai mengalami penurunan, volume kedatangan ke area DAOP 1 Jakarta baik yang berasal dari Jawa Tengah atau Jawa Timur mulai mengalami peningkatan.

“Untuk hari ini sendiri terdapat 30.000 pengguna jasa yang akan tiba di area DAOP 1 Jakarta, baik yang tiba di Stasiun Gambir ataupun Stasiun Pasar Senen dan beberapa stasiun lainnya yang melayani turun penumpang,” katanya.

Eva memprediksi bahwa volume kedatangan ke area DAOP 1 Jakarta akan meningkat pada 2 Januari 2023. Berdasarkan data yang masuk, setidaknya terdapat 39.000 rinu pengguna jasa yang akan tiba pada tanggal tersebut.

“Dari 39.000 ini ada yang berasal dari Jawa Tengah atau relasi-relasi dari Jawa Timur,” kata¬† Eva.

Sementara itu, area DAOP 1 Jakarta masih menggunakan aturan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan. Penumpang berusia 18 tahun ke atas wajib sudah melakukan vaksin ketiga atau booster, sedangkan usia 17 tahun diwajibkan sudah vaksin kedua.

“Anak 6-12 tahun bisa membuat surat dokter kalau belum vaksin atau didampingi dengan penumpang dewasa yang sudah memenuhi syarat. Masker juga diwajibkan baik di area stasiun ataupun kereta,” kata Eva.(ST)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments