tabloidbongkar. com -Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar sembako murah di dua lokasi di Jakarta Barat, yakni Kelurahan Kebon Sirih dan Tanjung Duren Selatan, pada Senin.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan warga dan menjaga stabilitas harga bahan pangan pokok yang berpengaruh terhadap inflasi.

Sejumlah bahan pokok dijual harga yang lebih murah dari biasanya. KegiatanĀ ini bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Dharma Jaya.

“Alhamdulillah sejauh ini sudah puluhan ribu paket sembako murah telah didistribusikan bagi penerima manfaat. Hari ini di Kebon Sirih dan Tanjung Duren Selatan, kita sudah menjual 3.500 paket,” katanya.

Pada kegiatan kali ini sudah ada produk hewani yang bisa dibeli murah. “Semoga warga yang membutuhkan menjadi terbantu,” ujar Heru di lokasi kegiatan sembako murah di Kantor Kelurahan Tanjung Duren Selatan.

Menurut Heru, saat ini bahan pokok yang banyak diminati adalah produk hewani. Karena itu, BUMD Perumda Dharma Jaya menjual produk hewani seperti telur, daging ayam dan daging sapi beku serta produk olahannya.

“Bersyukur, program ini dapat dirasakan warga secara lebih luas dan komoditas yang dijual semakin bervariasi,” kata Heru.

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman mengatakan, pihaknya sudah berpartisipasi di lima titik kegiatan sembako murah.

Pihaknya selalu menyiapkan bahan yang sangat dibutuhkan warga agar asupan produk hewani tersedia cukup. Di setiap lokasi kegiatan itu, stok telur selalu terjual habis, padahal sudah menyediakan stok untuk tiga “food truck”.

“Sementara itu, untuk ayam juga diminati warga karena laku 320 ekor,” ungkap Raditya.

Di setiap lokasi, Perumda Dharma Jaya menyiapkan 200 tray telur, 800 kilogram ayam, 500 kilogram daging sapi utuh, 100 kilogram daging sapi slice dan sebagainya.

“Jadi, dengan jumlah stok yang Dharma Jaya siapkan, kebutuhan asupan produk hewani warga, terutama menjelang puasa hingga Lebaran akan terjamin,” katanya.

Karena itu, jangan ada warga yang belanja tergesa-gesa karena takut kehabisan stok. “Belanjalah dengan bijaksana karena ketersediaan stok kita aman,” ujar Raditya.

Perumda Dharma Jaya menyiapkan 14 jenis produk hewani yang bisa dibeli warga di pasar sembako murah. Antara lain satu ekor ayam karkas beku seharga Rp25.000, satu kilogram daging sapi utuh kisaran Rp90.000-Rp105.000.

Kemudian daging slice 500 gram seharga Rp55.000 dan satu kilogram daging sapi giling seharga Rp55.000. “Satu kilogram ikan dori fillet seharga Rp35.000, telur satu tray seharga Rp22.000 dan lainnya ada,” kata Raditya.(SP. tb)