Sunday, June 16, 2024
HomeDaerahPemkot Jakbar Pastikan Layanan BPJS di Seluruh Faskes Maksimal

Pemkot Jakbar Pastikan Layanan BPJS di Seluruh Faskes Maksimal

tabloidbongkar. com -Pemerintah Kota Administrasi  Jakarta Barat memastikan layanan kesehatan bagi peserta program Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) di seluruh fasilitas kesehatan di wilayah itu maksimal.

Hal tersebut agar warga dengan status ekonomi menengah ke bawah mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak di Puskesmas dan di seluruh rumah sakit ataupun klinik.

“Pemkot Jakarta Barat didukung oleh seluruh pihak seperti rumah sakit dan BPJS  meningkatkan layanan kesehatan masyarakat,” kata Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko usai menerima penghargaan Cakupan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverege/UHC) di Jakarta, Selasa.

Pelayanan BPJS, kata dia, harus diiringi dengan kelayakan fasilitas yang ada di setiap rumah sakit ataupun klinik, terutama rumah sakit milik pemerintah.

Selain itu, dia juga memastikan BPJS harus diberikan kepada orang yang tepat sehingga bantuan pemerintah terkait jaminan kesehatan  tepat sasaran.

Terkait pemberian penghargaan UHC yang diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dia mengatakan, Jakarta Barat (Jakbar) menerima penghargaan tersebut lantaran sudah memberikan layanan kesehatan yang layak bagi para peserta BPJS.

Yani berharap pemberian penghargaan ini bisa menjadi pemicu jajaran pemerintah kota (pemkot) agar lebih maksimal melayani kesehatan masyarakat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Fitria Nurlaila mengatakan, dari 2,5 juta penduduk Jakarta Barat, sebanyak 99,67 persen sudah terdaftar sebagai peserta BPJS.

Mayoritas warga dilayani di fasilitas kesehatan pemerintah seperti RSUD, rumah sakit pemerintah milik kementerian hingga Puskesmas.

Paling banyak pelayanan kesehatan peserta BPJS diberikan di Puskesmas Cengkareng. “Itu pelayanan terbesar di seluruh kota di Indonesia, ada di Puskesmas Cengkareng,” (R. tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments