Wednesday, April 17, 2024
HomeOlah RagaMenpora RI Zainudin Amali Tetpilih Waketum PSSI 2023-2026

Menpora RI Zainudin Amali Tetpilih Waketum PSSI 2023-2026

tabloidbongkar. com -Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali terpilih menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2026.

Amali akan menjabat bersama Yunus Nusi yang sebelumnya adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI. Ia memperoleh suara sebanyak 66 vote. Sedangkan Yunus 63 vote. Keduanya terpilih sebagai Waketum dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri La, Kamis (16/2/2023).

“Jadi, posisi saya wakil ketua umum, sehingga kita menjalankan apa yang jadi visi misi ketua umum,” kata Amali setelah terpilih sebagai Waketum.

Setelah terpilih menjadi Waketum PSSI, Amali mengatakan akan menghadap ke Presiden Jokowi perihal jabatannya sebagai Menpora atau dwifungsi jabatan di dunia olahraga.

Rencananya ia akan bertemu pada satu atau dua hari setelah terpilih menjadi Waketum PSSI. Seluruh keputusan ada di Presiden Jokowi.

“Nah, kita segera melapor kepada Pak Presiden [Jokowi]. Sudah tunggu saja itu, jangan cepat-cepat,” ucapnya. Menteri BUMN, Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2026.

Erick terpilih dengan perolehan sebanyak 64 suara dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri La, Kamis (16/2/2023).

Sementara itu rival kuatnya, AA LaNyalla memperoleh sebanyak 22 suara.

Sedangkan ketiga kandidat lainnya seperti Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Fary Djemy Francis nihil suara. Para pemilik suara PSSI tersebut berjumlah 86 yang merupakan 86 suara plus satu federasi tambahan. Ke-86 suara itu terdiri dari 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 34 asosiasi provinsi (asprov), dua asosiasi, dan satu federasi futsal Indonesia.(J.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments