Wednesday, April 17, 2024
HomeKesehatanMenkes Belum Bisa Pastikan Pasien Anak GGAPA Atau infeksi Lainnya

Menkes Belum Bisa Pastikan Pasien Anak GGAPA Atau infeksi Lainnya

tabloidbongkar. com -Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin belum bisa memastikan dua pasien anak di Jawa Barat terjangkit Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA), terinfeksi campak  atau penyakit lainnya.

“Itu ada dua, sekarang sedang dicek apakah itu gagal ginjal atau tidak. Kalau indikasi sementara itu infeksi. Bisa campak,” kata Budi usai Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kemenkes RI dan PT Astrazeneca Indonesia di Jakarta, Senin (20/2/2023).

Budi mengatakan dugan itu menguat lantaran kondisi pasien membaik setelah diberi obat antiinfeksi.

Sementara pasien yang mengalami gangguan ginjal akut akibat keracunan obat sirop tidak akan membaik setelah diberi obat antiinfeksi.

“Kalau gagal ginjal itu, misalnya begini, kalau dia dikasih obat-obatan antiinfeksi biasanya dia tidak bereaksi.

Sekarang dikasih obat-obatan anti-infeksi, tidak dikasih Fomepizole,” katanya.

Menurut Budi, saat ini para dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) masih menganalisis penyebab penyakit kedua pasien tersebut.

Mereka masih menunggu data hasil pemeriksaan laboratorium.

“Kami masih menunggu juga data labnya karena mesti diperiksa data darahnya, data plasmanya dan data obatnya apakah ada EG dan EDG.

Harusnya hari Senin ini keluar,” kata dia. Pada 16 Februari 2023, Dinkes Jawa Barat menerima laporan seorang anak berusia 3 tahun 1 bulan bergejala gangguan ginjal akut.

Keluhan tersebut pertama kali dirasakan pada tanggal 6 Februari 2023. Saat ini, Dinkes Jawa Barat masih menunggu hasil konfirmasi dari RSCM Jakarta yang dijadikan sebagai tempat rujukan pasien tersebut.(K.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments