Friday, April 19, 2024
HomeNasionalMenhub Sebut Jumlah Pemudik Tahun 2024 Sebanyak 28,4 Juta Orang

Menhub Sebut Jumlah Pemudik Tahun 2024 Sebanyak 28,4 Juta Orang

tabloidbongkar. com -Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memproyeksikan sebanyak 28,4 juta penduduk Jabodetabek akan mudik Lebaran 2024.Jumlah tersebut berdasarkan survei Angkutan Lebaran dari Badan Kebijakan Transportasi (BKT).

Berdasarkan survei tersebut, jumlah pemudik wilayah Jabodetabek tercatat meningkat 14,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan tersebut mengindikasikan adanya kecenderungan minat masyarakat untuk perjalanan mudik Lebaran. Adapun, melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi menegaskan akan melakukan langkah antisipasi atas lonjakan peningkatan arus mudik di tahun ini.

Persiapan dilakukan secara operasional dan melalui kebijakan dalam pengendalian pengaturan, transportasi serta penanganan secara komprehensif bersama instansi terkait.

“Penanganan secara komprehensif bersama instansi pemerintah pusat, pemda, Polri dan swasta, BUMN, serta BUMD,” ucap Budi dalam konferensi pers Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024 secara daring, Minggu (17/3/2024).

Budi menyebut, pihaknya bersama Korlantas dan Kementerian PUPR telah merilis Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Pembatasan Opersional Angkutan Barang pada Lebaran 2024.

Dalam hal ini, pihaknya akan melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana mudik untuk moda transportasi darat, laut dan udara. “Sosialasi juga dilakukan berkat kebijakan transportasi pada masa angkutan Lebaran 2024 dan meningkatan kedisiplinan berlalu lintas,” ujarnya.

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan memprediksi dalam periode libur Lebaran tahun ini akan ada pergerakan orang hingga 193 juta.

Budi juga mengatakan pihaknya melakukan antisipasi melalui pengaturan lalu lintas dan program mudik gratis. “Tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa lebaran 2024 yaitu sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang,” kata Budi.

Pada tahun ini, Kemenhub juga kembali mengadakan program mudik gratis guna mengantisipasi lonjakan kendaraan pribadi. “Tahun ini Kementerian Perhubungan juga kembali menyelenggarakan angkutan mudik gratis pada Lebaran 2024. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik,” ucapnya.(SP. tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments