Friday, April 19, 2024
HomeNasionalKPU Angkat Bicara Soal Suara PSI Yang Melonjak di ...

KPU Angkat Bicara Soal Suara PSI Yang Melonjak di Sirekap

tabloidbongkar. com -Komisi Pemilihan Umum (KPU) angkat bicara mengenai suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang melonjak di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Pemilu 2024. Lonjakan tersebut menuai berbagai kritikan dari sejumlah pihak.

Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan, penambahan suara dari rekapitulasi sementara PSI di aplikasi Sirekap karena adanya pengunggahan foto formulir C. “Terkait kenaikan angka perolehan suara parpol itu akibat adanya penambahan data dokumen foto formulir Model C.

Hasil plano yang diunggah ke aplikasi Sirekap,” ungkap Idham saat dikonfirmasi Minggu (3/3/2024).

Dijelaskan Idham, pengunggahan foto formulir C pada umumnya memang menjadikan data kuantitatif perolehan suara parpol juga naik.

Akibatnya, data perolehan suara di setiap TPS-nya bertambah. Di sisi lain Idham menegaskan, secara resmi KPU belum menuntaskan rekapitulasi suara nasional.

Rekapitulasi suara berjenjang masih berlangsung hingga 20 Maret 2024. Lebih lanjut dia menyampaikan, hasil resmi perolehan suara peserta pemilu berdasarkan rekapitulasi berjenjang dimulai dari PPK, KPU kabupaten/kota, KPU provinsi sampai dengan KPU RI.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. “Sampai saat ini KPU RI belum melaksanakan rekapitulasi nasional untuk suara dalam negeri, KPU RI baru melakukan rekapitulasi nasional untuk suara luar negeri,” ucap Idham.

Dalam data Sirekap KPU hingga hari ini pukul 09.09 WIB, suara PSI mencapai 3,13% atau 2.403.023 suara. Angka itu tidak berbeda jauh dengan suara PPP yang saat ini mencapai 4,01% atau 3.080.382.

Diwartakan sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menegaskan bahwa penambahan suara PSI wajar. Ia menilai justru tidak wajar ketika ada penggiringan opini.

“Penambahan termasuk pengurangan suara selama proses rekapitulasi adalah hal wajar. Yang tidak wajar adalah apabila ada pihak-pihak yang mencoba menggiring opini dengan mempertanyakan hal tersebut,” kata Grace dalam keterangan pers, Sabtu (2/3/2024).(DK. tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments