Sunday, June 16, 2024
HomeKriminal & HukumKapolri Akan Terjunkan 2.716 Personil Amankan Piala Dunia U - 20 2023

Kapolri Akan Terjunkan 2.716 Personil Amankan Piala Dunia U – 20 2023

tabloidbongkar. com -Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta Korps Brimob Polri mulai bersiaga menghadapi Pemilu 2024, mulai dari tahapan pendaftaran.

Hal itu diungkapkan Sigit usai membuka Rapat Kerja Teknis Korps Brimob Polri di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, Senin (13/3/2023).

“Sebagai pasukan yang mendapatkan tugas menghadapi potensi eskalasi ancaman kadar tinggi, mau tidak mau semua itu harus kami siapkan.

Sehingga tahapan pemilu bisa berjalan dengan baik dan dari sisi stabilitas kamtibmas bisa kami jaga sebaik-baiknya,” ucap Sigit.

Personel Brimob, kata Sigit harus mempersiapkan segalanya dengan baik dan matang sebelum menghadapi segala ancaman yang dapat terjadi kapanpun. “Ini diperlukan kesiapan khusus dan rekan-rekan Brimob persiapkan ini sebaik-baiknya,” tegasnya.

Sigit juga mengingatkan Brimob perihal pengamanan menjelang Ramadan hingga pelaksanaan Idulfitri tahun ini.

Kemudian, Korps Brimob juga harus siap menghadapi berbagai acara tingkat nasional dan internasional, seperti Piala Dunia U-20.

“Kita (Indonesia) juga akan menghadapi acara besar yang bersifat internasional. U-20 Piala Dunia, Asean Summit juga harus dilaksanakan pengamanan dengan baik, dengan berkaca pengamanan pelaksanaan pengamanan KTT G-20,” ucap Sigit.

Pada kesempatan terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan pihak kepolisian akan menerjunkan 2.716 personel guna mengamankan kegiatan Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

“Polri akan menurunkan kekuatan 2.716 personel dan melibatkan instansi terkait lainnya,” kata Ahmad di Mabes Polri, Senin (13/3/2023).

Pihak lain yang turut dilibatkan yakni TNI, Satpol Pamong Praja, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Pemadam Kenakan, serta pecalang.

“Jumlahnya 427 personel. Pengamanan dengan sistem pola terbuka dan tertutup; dengan cara bertindak preventif, preemtif, dan represif,” ungkap Ramadhan. Piala Dunia U-20 2023 rencananya akan digelar di enam kota di Indonesia.

Pemerintah Indonesia dan PSSI telah menyiapkan enam stadion untuk menjadi lokasi pertandingan yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).(R. tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments