Wednesday, April 17, 2024
HomeOlah RagaIndonesia Di Percaya Jadi Tuan Rumah Piala dunia U20

Indonesia Di Percaya Jadi Tuan Rumah Piala dunia U20

tabloidbongkar. com -Indonesia kembali mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan pesta olahraga akbar. Setelah berulang kali mengukir kesuksesan untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga multicabang, tidak lama lagi Indonesia akan menjadi panggung bagi para pesepak bola muda untuk bersaing menjadi yang terhebat, yakni Piala Dunia U20.

Sejatinya, ajang dua tahunan itu mestinya digelar pada 2021. Namun pandemi COVID-19 memaksa FIFA membatalkan turnamen itu, dan memberi hak penyelenggaraan Piala Dunia U20 kepada Indonesia, setelah Indonesia memenangi hak menjadi tuan rumah ajang ini pada Oktober 2019.

Keberhasilan menjadi tuan rumah akan terasa hampa jika tim nasional Indonesia gagal mencatatkan hasil terbaik pada Piala Dunia U20. Itu sebabnya, sejumlah langkah dan program telah dijalankan pemerintah untuk mendukung kesuksesan ganda, yakni sukses sebagai penyelenggara serta sukses secara prestasi.

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah melakukan pemusatan latihan (TC/training camp) di Stadion Madya, Jakarta, untuk mempersiapkan tim yang akan dimainkan di Piala Dunia U20 sejak Agustus 2021. Pada fase tersebut, total terdapat 72 pemain pilihan pelatih Shin Tae Yong dan stafnya untuk mengikuti TC.

PSSI kemudian membawa para pemain timnas U18 untuk menjalani TC di Turki pada November 2021. Sebanyak 36 pemain diboyong ke Turki untuk menjalani latih tanding dengan Antalyaspor U18, Alanyaspor U18, dan Mamakoto FC Gambia.

Setelah menjalani fase tersebut, PSSI melakukan TC selanjutnya di Korea Selatan pada Maret sampai April 2022. Kali ini Shin membawa 40 pemain untuk menjalani pelatihan sekaligus berlatih tanding dengan sejumlah klub di sana.

Pada Juli 2022, timnas yang dipersiapkan untuk mengikuti Piala Dunia U20 diikutsertakan PSSI ke Piala AFF U19. Sayangnya mereka gagal mengukir prestasi di ajang antar negara Asia Tenggara tersebut, akibat kalah selisih gol dari Vietnam dan Thailand di fase grup, sehingga tidak berhak lolos ke semifinal.

Setelah berpartisipasi di Piala AFF U19, timnas Indonesia U20 mengikuti kualifikasi Piala Asia U20 sebagai tuan rumah pada September 2022. Hasil positif didapatkan pasukan Shin, yakni lolos ke putaran final Piala Asia U20 2023 berkat keberhasilan mereka menjadi juara Grup F.

Pada Oktober sampai November 2022, PSSI kembali melakukan pemusatan latihan di Eropa, kali ini selain Turki, Spanyol juga menjadi tempat ditempanya para pemain muda skuad Garuda Nusantara.

Bukan sekadar menjalani pemusatan latihan, namun para pemain juga diberi kesempatan melakukan latih tanding dengan sejumlah lawan seperti timnas Turki U20, Moldova, Antalayasapor U20, Slovakia U20, dan Prancis U20(R.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments