Sunday, June 16, 2024
HomeDaerahDPRD DKI Minta Pemprov Mengikuti Kota Los Angeles Amerika Tentang Penggunaan Mobil...

DPRD DKI Minta Pemprov Mengikuti Kota Los Angeles Amerika Tentang Penggunaan Mobil Listrik

tabloidbongkar. com -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta meminta Pemerintah Provinsi (Pemda)  mengikuti kota Los Angeles (LA) Amerika Serikat terkait penggunaan kendaraan listrik.

“Kemarin saya kunjungan kerja ke LA, programnya adalah bagaimana sih kita menyosialisasikan mobil listrik ini,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi saat ditemui di Gedung DPRD, Kebon Sirih, Jakarta
Pusat, Senin.

Dari kunjungan kerjanya itu, Prasetyo melihat ada beberapa hal yang bisa diterapkan di Jakarta. Salah satunya mendorong pemerintah memperbanyak tempat pengisian baterai kendaraan listrik.

Tempat pengisian baterai harus tersedia di beberapa tempat umum seperti pusat perbelanjaan, tempat pengisian bahan bakar umum, pasar hingga gedung perkantoran.

Selain itu, pemerintah juga harus memberikan subsidi kepada warga yang ingin membeli kendaraan listrik. Subsidi itu bisa berupa bantuan saat membeli kendaraan hingga fasilitas pengisian baterai gratis.

Namun terlepas dari dua hal tersebut, Prasetyo menekan pentingnya sosialisasi sejak dini kepada masyarakat tentang manfaat menggunakan kendaraan listrik.

Dengan sosialisasi yang masif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, dia yakin ketertarikan masyarakat kepada kendaraan listrik semakin tinggi sehingga polusi udara pun perlahan berkurang.

Pemprov DKI Jakarta melakukan beberapa upaya dalam menggalakkan budaya berkendara listrik.

Salah satu yang paling masif, yakni menggelar kegiatan bertaraf internasional balap Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Kegiatan tersebut telah berjalan selama dua tahun sejak dibuka pada 2022.(R.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments