Friday, April 19, 2024
HomeKesehatanDokter Sepesialis Konsumsi Suplemen Jaga Elastisitas Kulit

Dokter Sepesialis Konsumsi Suplemen Jaga Elastisitas Kulit

tabloidbongkar. com -Dokter spesialis kulit dan kelamin dr Pipim S. Bayasari, Sp.DV mengatakan seseorang bisa mengonsumsi suplemen mengandung kolagen mulai usia 20 tahun sebagai salah satu upaya menjaga elastisitas kulit.

“Dimulai dari usia 20 tahun itu sudah cukup baik karena untuk konsumsi kolagen enggak tiba-tiba tujuh hari langsung ada hasil,” ujar dia dalam acara Peluncuran Ekslusif Produk Terbaru Youvit – Get ready to be Nourish Inside, Glow Outside secara daring, Selasa.

Seseorang sebaiknya meminum suplemen kolagen secara rutin minimal selama tiga bulan demi memperoleh hasil kulit yang elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit seperti munculnya garis-garis halus.

“Ketika kita minum rutin, di bulan ketiga biasanya mulai efek maksimal dia akan keluar hasilnya. Ini alasan harus konsumsi rutin dan minimal tiga bulan ya karena menghasilkan kolagen tipe 1 itu di bulan ketiga,” jelas Pipim.

Kolagen tipe 1 sekitar 90 persen terdapat di berbagai bagian tubuh seperti rambut, kulit, kuku, tulang, organ dan ligamen yang berperan terhadap kesehatan termasuk urusan penuaan kulit.

Menurut Pipim, seseorang tak akan mengalami kelebihan dosis apabila mengonsumsi kolagen secara rutin karena setiap harinya kolagen berkurang. Suplemen, sambung dia berfungsi sebagai penguat.

Kemudian, terkait pendapat yang mengatakan kolagen dapat membantu menyembuhkan jerawat, Pipim membantahnya. Dia mengatakan kolagen berperan sebagai pendukung kulit yang dapat mencegah atau memperbaiki dan membantu pengobatan saat seseorang berjerawat.

Selain mengonsumsi kolagen, seseorang juga disarankan mencegah faktor pencetus penuaan kulit yang sifatnya ekstrinsik antara lain dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan melakukan perawatan dasar kulit yang baik.

Faktor ekstrinsik ditimbulkan faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, polusi udara, merokok, gizi buruk yang dapat memperparah penuaan akibat faktor intrinsik atau terjadi secara alamiah seiring bertambahnya usia dan mengakibatkan misalnya kulit menjadi semakin kendur dan kasar.(S.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments