Friday, July 19, 2024
HomeNasionalDishub DKI Jakarta : Tidak Ada Bus Transjakarta Yang Mangkrak

Dishub DKI Jakarta : Tidak Ada Bus Transjakarta Yang Mangkrak

tabloidbongkar. com -Dinas Perhubungan Provinsi  DKI Jakarta menyebutkan puluhan bus TransJakarta yang terparkir di Pinang Ranti, Jakarta Timur, masih tetap beroperasi sesuai kebutuhan dan tidak mangkrak.

“Jadi tidak mangkrak,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Menurut Syafrin layanan TransJakarta menerapkan sistem pelayanan saat jam sibuk dan tidak sibuk. Ketika jam sibuk, misalnya, pagi hari hingga pukul 10.00 WIB, maka semua bus dioperasionalkan.

Sedangkan jam tidak sibuk di atas pukul 10.00 WIB, bus akan ditarik ke pul. “Siang hari pada saat mulai masuk jam puncak siang ataupun jam puncak sore, ini dioperasionalkan kembali, jadi tidak mangkrak,” ucapnya.

Syafrin juga menyebutkan, tidak tepat narasi dalam foto menunjukkan puluhan bus berwarna oranye terparkir di pul dan viral di media sosial yang menyebut bus tersebut mangkrak.

Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan evaluasi, tak hanya TransJakarta tetapi juga moda transportasi lainnya. “Kami melakukan evaluasi terhadap semua layanan tidak hanya TransJakarta, saja¬† transportasi di Jakarta,” katanya.

Senada dengan Syafrin, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor menegaskan, tidak ada bus yang dioperasikan BUMD itu mangkrak dan beroperasi sesuai dengan jadwal.

Ia menambahkan, saat pandemi COVID-19 sedang tinggi, banyak rute TransJakarta yang dikurangi untuk menghambat penularan pada 2020-2022.

Sampai saat ini, sebagian besar rute sudah mulai dibuka. Namun masih ada yang ditutup sehingga berdampak kepada adanya beberapa bus yang tidak beroperasi secara penuh.

“Dengan segala keterbatasan dan kendala di operasional, TransJakarta mengatur agar armadanya tetap berjalan secara bergantian sehingga sekitar 70 persen beroperasi, sisanya dioperasikan bergantian termasuk untuk perawatan,” katanya.

Hingga Desember 2022, TransJakarta beroperasi di 216 rute, dengan reaktivasi sebanyak 39 rute dan pembukaan rute baru mencapai 16 rute. “Kami mengoptimalkan operasi armada bus yang sesuai kebutuhan rute dan penumpang,” katanya. (Sofian)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments