Sunday, June 16, 2024
HomePendidikanDisdik DKI : Tidak Bisa Daftar PPDB Karena Nik Orang Tua di...

Disdik DKI : Tidak Bisa Daftar PPDB Karena Nik Orang Tua di Nonaktifkan

tabloidbongkar. com -Wakil Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta, Purwosusilo, mengakui, pihaknya menerima keluhan para orang tua calon peserta didik baru (CPDB) terkait akun pendaftaran peserta didik baru (PPDB) yang tidak bisa diakses. Dia menilai salah satu penyebabnya yaitu karena orang tua terkena program penonaktifan NIK DKI Jakarta.

“Kemungkinan besar NIK-nya dalam proses penonaktifan sementara karena benar-benar anak itu tidak berdomisili di Jakarta,” ucap Purwosusilo saat rapat bersama Komisi E DPRD DKI Jakarta, Senin (27/5/2024).

Dia menuturkan, saat NIK-nya dinonaktifkan, orang tua CPDB bisa mengaktifkan kembali NIK mereka. Asalkan, orang tua berdomisili di DKI Jakarta.

“Kalau nyatanya dia [orang tua] domisili di Jakarta, tapi sistem menolak, silakan diurus. Sebenarnya sudah ada panduannya [untuk mengurus penonaktifan NIK],” kata Purwosusilo.

Untuk diketahui, warga ber-NIK DKI Jakarta bisa mengecek apakah NIK DKI-nya bakal dinonaktifkan melalui https://datawarga-dukcapil.jakarta.go.id/. Bagi warga ber-NIK DKI yang tinggal di Jakarta, tetapi statusnya akan dinonaktikan, bisa mendatangi kantor dukcapil di kota/kabupaten se-Ibu Kota agar NIK DKI-nya diaktifkan kembali.

Proses PPDB DKI untuk jenjang SD, SMP, dan SMA dimulai pada 10 Juni-4 Juli 2024. Meski PPDB dimulai pada 10 Juni, orangtua siswa sudah bisa membuat akun PPDB mulai 20 Mei 2024.

Pendaftaran akun PPDB jenjang SD dimulai pada 20 Mei, 27 Mei untuk SMP dan 3 Juni untuk SMK dan SMA.

Sementara itu, daya tampung SD di Jakarta mencapai 95.573 kursi, daya tampung SMP sebanyak 71.000 kursi, dan daya tampung SMA/SMK sebanyak 20.130 kirsi.

Jumlah ketersediaan daya tampung jenjang SMP dan SMA/SMK di Jakarta lebih sedikit daripada jumlah CPDB.

Karena itu, terdapat syarat khusus bagi pendaftar PPDB di DKI Jakarta, yakni pendaftar adalah penduduk DKI Jakarta yang dibuktikan dengan kartu keluarga dan berdomisili di Jakarta.

Orangtua siswa bisa membuat akun PPDB di situs Disdik DKI Jakarta, https://disdik.jakarta.go.id/. Selain via online, orangtua siswa bisa membuat akun PPDB di posko PPDB yang tersebar di 12 titik di Jakarta.

Salah satu posko PPDB berada di kantor Disdik DKI Jakarta di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.(SP. tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments