Sunday, June 16, 2024
HomeKesehatanDinkes DKI Terus Pantau Perkembangan Kasus Monkeypox di Jakarta 2 Pekan ke...

Dinkes DKI Terus Pantau Perkembangan Kasus Monkeypox di Jakarta 2 Pekan ke Depan

tabloidbongkar. com -Dinas Kesehatan ​​​Provinsi DKI Jakarta memantau perkembangan kasus cacar monyet (monkeypox) di Jakarta dan Indonesia minimal hingga dua pekan ke depan atau sampai 24 November 2023.

“Perlu terus dipantau penambahan kasus positif cacar monyet di Jakarta dan Indonesia minimal sampai dengan 24 November 2023,” kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ngabila Salama saat di Jakarta, Senin.
Pemantauan tersebut dilakukan berdasarkan prediksi inkubasi virus cacar monyet. Yakni dua kali masa inkubasi terpanjang atau enam minggu dari 13 Oktober 2023 kasus transmisi lokal pertama ditemukan di Indonesia.

Selain itu, Ngabila menyebutkan, pemantauan kasus penyakit cacar monyet akan dilakukan di tempat-tempat ramai dengan mobilitas dan aktivitas yang tinggi.

Pemantauan dilakukan bisa dengan cara penemuan kasus aktif yang perlu dilakukan terutama kelompok-kelompok tertentu dan orang bergejala atau yang berpotensi menular lewat seksual.

“Cacar dengan riwayat seks berisiko (baik oral dan genital). Monkeypox di Indonesia sampai saat ini 100 persen ditularkan melalui kontak seksual,” katanya.

 

Data global menyebutkan 95 persen ditularkan melalui kontak seksual. “Data global sudah ada lima persen penularan droplet pada anak, ibu hamil, ibu menyusui, lansia sebagai kelompok rentan lainnya,” kata Ngabila.

 

Dinkes DKI Jakarta menyebutkan tidak ada penambahan kasus cacar monyet dalam dua hari terakhir. Dinkes DKI berharap, kasus cacar monyet ini tidak semakin meluas ke daerah lain di luar Jakarta.

 

Masyarakat juga diimbau untuk tidak terus berpikir negatif, terlalu cemas. Hal itu karena pemantauan kasus cacar monyet sebagai upaya penemuan deteksi dini yang secepatnya diobati untuk memutus rantai penularan.
Berdasarkan data terakhir, Dinkes DKI Jakarta mencatat sebanyak 28 kasus positif total cacar monyet (mpox) di wilayah DKI Jakarta berdasarkan data harian 3 November 2023 pukul 19.00 WIB. Semuanya berjenis kelamin laki-laki bergejala ringan.
Lalu, sebanyak delapan orang berstatus suspek atau terduga bergejala cacar monyet. “Kasus positif aktif 27 orang, satu kasus sudah sembuh, tingkat positif PCR 29 persen,” kata Ngabila di Jakarta, Sabtu (4/11).
Adapun total penerima vaksin cacar monyet saat ini sudah tuntas dari target 495 orang.(RD.tb)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments