Friday, July 19, 2024
HomeDaerahDinas PPKUKM DKI Jakarta, Perluas Pangsa Pasar Pelaku Usaha Kecil Dengan Bazar...

Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Perluas Pangsa Pasar Pelaku Usaha Kecil Dengan Bazar dan Pelatihan

tabloidbongkar.com – Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, Usaha kecil dan Menengah memperluas pangsa pasar sekaligus keterampilan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui pelaksanaan bazar dan pelatihan selama kurun waktu 2023.

“Kami telah selesai menyusun rancangan kegiatan strategis yang diharapkan dapat membuat UMKM bangkit, juga mendorong pertumbuhan ekonomi di Jakarta,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Elisabeth Ratu Rante Allo di Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, Ratu juga mengatakan sebagai upaya promosi sekaligus memperluas pangsa pasar, Pemprov DKI mengadakan bazar di tingkat kota/kabupaten.

Selain itu, kata dia, juga ada pembinaan kewirausahaan serta pendampingan pembuatan sertifikasi halal, hak kekayaan intelektual (HKI), desain kemasan dan pembuatan izin edar makanan dalam kemasan.

“Tujuan bazar ini untuk memperluas akses pemasaran, serta mendorong aktivitas jual beli produk lokal. Mari dukung UMKM dan aktivitas ekonomi Jakarta agar tumbuh dan bangga memakai produk lokal,” ucapnya

Selain bazar, Pemprov DKI juga mengadakan pelatihan bagi pelaku usaha khusus untuk anggota Jakpreneur, seperti pelatihan batik Betawi, pelatihan animasi, hingga pelatihan video.

Kemudian, pendampingan industri hijau, pembinaan atau keterampilan non-teknis untuk UKM oleh suku dinas di wilayah kota administrasi dan satu kabupaten administrasi.

Dia melanjutkan ada juga pelatihan keterampilan teknis untuk industri kecil menengah yaitu bidang kuliner, kerajinan dan fesyen.

Dia  menyasar 9.780 peserta pelatihan di bidang kuliner, 1.680 peserta di bidang kerajinan dan 1.705 peserta di bidang fesyen.

Selain kepada pelaku UMKM, pihaknya juga membuka pelatihan kepada seluruh masyarakat DKI Jakarta di antaranya pelatihan dasar-dasar perkoperasian, pelatihan strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan usaha koperasi.

Selain itu, pelatihan koperasi berbasis IT/digitalisasi koperasi, pelatihan pemasaran produk berbasis digital bagi UKM hingga penyuluhan hukum bagi pelaku usaha mikro kecil.

Dinas PPKUKM DKI juga mengikutsertakan UMKM yang telah terkurasi dengan baik pada ajang pameran bertaraf nasional dan internasional.

“Sehingga harapannya, peserta UMKM yang kami ikut sertakan dapat menembus pasar nasional hingga naik kelas ke level global, dan produknya disukai, serta bermanfaat bagi masyarakat,”(A.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments