Friday, July 19, 2024
HomeDaerahDinas PPKUKM DKI Gelar Festival Bazar Pada Malam Tahun Baru 2024

Dinas PPKUKM DKI Gelar Festival Bazar Pada Malam Tahun Baru 2024

tabloidbongkar. com -Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan bazar UMKM dan Festival Jakarta Great Sale di Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global pada malam Tahun Baru 2024.

“Dalam rangka menyukseskan Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global pada malam pergantian tahun 2023-2024, kami hadirkan bazar UMKM, Festival Great Sale di 31 Desember 2023,” kata Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

 

Ratu menjelaskan, bazar UMKM digelar untuk memeriahkan Malam Muda Mudi Jakarta Global sekaligus sebagai wadah pemasaran bagi para pelaku UMKM binaan yang tergabung dalam program Jakarta Enterpreneur (Jakpreneur).

 

Dinas PPKUKM melibatkan 42 pelaku (tenant) yang berbentuk warung listrik (warlis) untuk 84 UMKM binaan Jakpreneur yang lokasinya tersebar di sejumlah lokasi. Yaitu di Jalan Sunda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Baturaja, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5, Jalan Bendungan Hilir dan Jalan Pintu Satu Senayan.

 

Selain itu, beberapa pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta juga meramaikan malam Tahun Baru 2024 dengan mengikuti penyelenggaraan Festival Jakarta Great Sale, seperti Plaza Senayan, Season City, Lippo Plaza Kramat Jati, Central Park Mall, Neo Soho Mall dan Grand Indonesia.

 

“Pemberian harga terbaik akan dihadirkan untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri,” ujar Ratu.

 

Dinas PPKUKM DKI bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta juga melakukan pengawas penggunaan bahan berbahaya pada produk makanan kepada peserta bazar UMKM binaan dan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di zona hijau, yakni berdagang pada sirip Jalan Sudirman-Thamrin.

 

Pengawasan ini, kata Ratu, dilakukan untuk memeriksa keamanan produk kuliner yang disajikan dan mendeteksi penggunaan bahan atau zat berbahaya pada campuran olahan produk. Untuk produk kuliner UMKM binaan Jakpreneur, pengawasan dilakukan lima hari sebelum pelaksanaan Malam Muda Mudi Jakarta.

 

“Sedangkan pengawasan untuk PKL di zona hijau akan dilaksanakan pada 31 Desember 2023,” kata Ratu.

 

Ratu menyebutkan, kriteria produk yang ada dalam bazar merupakan produk kuliner yang telah terkurasi. Produk makanan dan minuman dalam kemasan dan olahan sudah menggunakan QRIS Jakpreneur dan merupakan produk unggulan dari setiap kecamatan.

 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Malam Muda Mudi Jakarta Global saat malam Tahun Baru 2024 dengan rangkaian acara, mulai dari Jakarnaval, panggung musik, pemutaran video hingga “drone show” (pertunjukan drone).

 

Acara Malam Muda Mudi ini diisi enam segmen menarik, yakni Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman.(KY. tb)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments