Selasa, Februari 27, 2024
BerandaDaerahDinas KPKP DKI Pastikan Distribusi Beras Aman Sampai Ke Konsumen

Dinas KPKP DKI Pastikan Distribusi Beras Aman Sampai Ke Konsumen

tabloidbongkar. com -Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi  DKI Jakarta memastikan distribusi beras tetap terjaga hingga tingkat konsumen sehingga mampu menekan harga yang berpotensi naik akibat faktor cuaca.

“Kami memiliki sistem informasi ketahanan pangan yang daerah lain sudah mulai memasukkan surplus yang akan masuk Jakarta,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Suharini Eliawati di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Selain dipasok dari daerah lain di antaranya Jawa Barat, stok beras juga berasal dari  BUMN pangan, Bulog yang memiliki cadangan sebanyak 40 ribu ton serta masih diperkuat  stok dari Pasar Induk Beras Cipinang dan juga dari BUMD DKI, Food Station Tjipinang Jaya.

Suharini juga memastikan ketersediaan beras mencukupi untuk memenuhi kebutuhan di Jakarta karena pada awal Maret sudah memasuki musim panen raya.

Mengingat panen raya, pemerintah bakal menyetop impor beras pada Februari ini salah satunya untuk menjamin serapan beras dalam negeri.

Adapun kebutuhan beras per bulan di Jakarta mencapai sekitar 82 ribu hingga 84 ribu ton dan akan meningkat menjelang Ramadan hingga 88 ribu ton.

Saat ini, harga beras di DKI Jakarta berdasarkan Info Pangan Jakarta per Rabu (8/2) mencapai Rp10.586 per kilogram untuk beras medium dan Rp13.159 per kilogram untuk beras premium.

Terkait harga saat ini, Food Station (FS) mengakui secara nasional masih mengalami kenaikan.

Meski terjadi kenaikan, Direktur Utama FS Pamrihadi Wiraryo menjelaskan harga di Jakarta masih terkendali dibandingkan  daerah lain yang rata-rata mencapai Rp15 ribu per kilogram.

Selain itu, pada Juli 2022 terjadi gagal panen di sejumlah daerah serta kenaikan bahan bakar minyak juga ikut berkontribusi.

“Dinas KPKP memiliki program berkelanjutan sebanyak 1,2 juta masyarakat tertentu bisa beli beras harga relatif murah tapi kualitas premium. Itu yang membuat harga di DKI, walau pun naik tapi tetap bisa dikendalikan,” katanya.(S.tb)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments