Friday, July 19, 2024
HomeNasionalBawaslu Ingatkan Capres dan Cawapres Tidak Gunakan CFD Untuk Kampanye

Bawaslu Ingatkan Capres dan Cawapres Tidak Gunakan CFD Untuk Kampanye

tabloidbongkar. com -Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja, mengingatkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden agar tidak menggunakan kawasan car free day (CFD) untuk kegiatan politik.

Hal itu disampaikan Bagja merespons aksi cawapres Gibran Rakabuming Raka yang membagikan susu gratis kepada masyarakat di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (3/12/2023).

“Kegiatan capres-cawapres, kami sudah imbau dari kemarin, tidak boleh menggunakan CFD sebagai arena kampanye,” kata Bagja kepada wartawan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (7/11/2023).

Dia menuturkan larangan kampanye di hari bebas kendaraan bermotor itu juga diatur dalam peraturan gubernur atau instruksi gubernur, kepala daerah, wali kota, dan bupati.

“Itu sudah ada [aturannya],” ucap Bagja. Bagja mengatakan semua kegiatan politik seperti kampanye dilarang.

Kecuali, para capres dan cawapres memberikan edukasi politik kepada masyarakat. “Kalau kemudian boleh enggak paslon capres-cawapres itu berolahraga di CFD? silakan enggak ada masalah,” tutur Bagja.

Lebih lanjut, dia menuturkan aksi Gibran membagikan susu gratis itu saat ini sedang didalami Bawaslu DKI.

Pendalaman dilakukan apakah ada dugaan pelanggaran kampanye atau tidak yang dilakukan Wali kota Solo itu. “Kami sudah supervisi dan teman-teman DKI sekarang lagi menindaklanjuti dugaan, masih dugaan, kita lihat dulu kajian teman-teman Bawaslu DKI, tapi kami imbau kepada capres cawapres tidak menggunakan CFD sebagai sarana kampanye,” tutur Bagja.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka membagikan susu kepada warga yang sedang berolahraga di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (3/12/2023).

Gibran bersama beberapa tokoh seperti Uya Kuya, politikus PAN Sigit Purnomo Said Samsudin atau Pasha Ungu serta pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Rahayu Saraswati.

Mereka membantu Gibran membagikan kotak susu kepada masyarakat. Masing-masing warga terpantau menerima satu kotak susu.

Mereka membagikan kotak susu dari depan Hotel Grand Hyatt, kemudian berjalan menyusuri bundaran HI.

Sambil membagikan kotak susu, Gibran juga terpantau melayani permintaan swafoto sejumlah orang.

Tidak jarang Gibran melayani jabat tangan sejumlah orang yang ingin memberikan selamat. Hingga saat ini, Gibran terpantau masih memberikan kotak susu kepada masyarakat.

Kendati demikian, Gibran membantah melakukan kampanye dalam acara tersebut. Bantahan itu dilontarkan Gibran kala menanggapi pertanyaan wartawan soal aktivitas yang dilakukannya pada hari ini. “Kan tanpa alat peraga kampanye (APK),” kata Gibran di Jalan M.H. Tamrin. (RD.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments