Sunday, June 16, 2024
HomeNasionalAksi Nyata Kemenkes RI Berantas Bullying di Pendidikan Kesehatan

Aksi Nyata Kemenkes RI Berantas Bullying di Pendidikan Kesehatan

tabloidbongkar. com -Hari ini 17 Agustus 2023 Kementerian Kesehatan RI memberikan sanksi Tiga RS milik Kemenkes RI yang terdapat perundungan: yaitu  RSUP Hasan Sadikin, RSUP Adam Malik, RSCM. Ketiga RS tersebut Sudah diberikan surat teguran untuk segera ditindaklanjuti dan Kemenkes RI akan memantau ketat hasil tindaklanjutnya.

Dan jika tidak ada perubahan maka akan segera dinaikkan sanksinya sesuai dengan instruksi menkes yang sudah keluar 20 Juli 2023.

Harapannya terguran dan kasus bully ini yang terakhir dan tidak boleh ada kembali kasus perundungan sekecil apa pun. Harus 0 case, 0 tolerance.

Sampai dengan 15 Agustus 2023 sudah terdapat 91 pengaduan yang masuk ke web perundungan.kemkes.go.id / WA 081299799777 , ada 44 laporan dugaan perundungan di rs vertikal, 17 laporan dari RSUD di 6 provinsi, 16 laporan dari FK di 8 provinsi, dan 6 laporan dari RS universitas, 1 laporan dari RS TNI/Polri, 1 laporan RS swasta. Laporan di luar RS vertikal sudah diteruskan ke pimpinan RS terkait.

Dari 44 laporan di rs vertikal 12 laporan sudah selesai diinvestigasi dan dikeluarkan sanksi dan 32 laporan sedang proses investigasi.

Tiga keluhan terbanyak terkait: biaya tambahan tdk sesuai pendidikan, penelitian tambahan yang tidak semestinya, dan jadwal jaga yg melebihi ketentuan yg seharusnya

RS pendidikan di luar rs vertikal juga diharapkan mendukung pemberantasan perundungan, jika tidak maka Kemenkes RI akan mencabut status sebagai RS pendidikan

Akan terus diperkuat kanal pelaporan agar proaktif melapor dan menindaklanjuti setiap kasus yang masuk secara serius dan melindungi / menjaga kerahasiaan pelapor

*HOAX* bahwa pelapor / korban bully malah diberikan sanksi / skors dan datanya dibocorkan

Semoga upaya nyata ini dapat fokus meningkatkan pelayanan ke masyarakat dan transformasi kesehatan, RS pendidikan menjadi rumah yang bermartabat dengan kultur, berbudaya, berbudi pekerti yang baik dan santun.

Selama ini mungkin oknum yang melakukan bully tetapi dilakukan pembiaran dan terus menerus terjadi.

Tiga jaminan dari Kemenkes RI terhadap laporan perundungan: rahasia pelapor, tidak akan terjadi kembali perundungan, jaminan keamanan hukum dan psikologis

Harapannya momentum kemerdekaan 17 Agustus 2023 ini menjadi momentum perubahan dan MERDEKA pendidikan kesehatan dan tenaga kesehatan dari perundungan.(R.tb)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments