Wednesday, April 17, 2024
HomeKesehatan5 Manfaat Minum Air Rebusan Jahe dan Kunyit Sebelum Tidur

5 Manfaat Minum Air Rebusan Jahe dan Kunyit Sebelum Tidur

tabloidbongkar. com -Manfaat minum kunyit dan jahe sebelum tidur bagi kesehatan . Kunyit dan jahe sendiri merupakan bahan alami yang sering diolah menjadi obat herbal, bumbu masakan, dan minuman.
Pada laman Healthline disebutkan bahwa kunyit dan jahe dapat menghilangkan rasa nyeri pada badan, mengurangi rasa mual, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Minuman kunyit dan jahe yang dikonsumsi setiap hari dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.
Sejak zaman dahulu, rebusan kunyit dan jahe telah dijadikan minuman yang dikonsumsi secara rutin sebelum tidur. Aroma yang khas dan rasa yang menghangatkan dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak. Mengutip laman Nao Medical, berikut ini berbagai manfaat minum kunyit dan jahe sebelum tidur bagi kesehatan.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat utama dari meminum jahe dan kunyit sebelum tidur adalah meningkatkan kualitas tidur. Jahe dan kunyit memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu tubuh rileks setelah seharian beraktivitas.
Kedua bahan alami ini memiliki kemampuan untuk membuat tidur di malam hari semakin nyenyak. Kunyit dan jahe juga dapat mencegah berbagai penyakit yang dapat menyebabkan gangguan saat tidur.

2. Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh manusia terhadap cedera atau infeksi. Peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kesulitan untuk tidur.
Kunyit dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kunyit dan jahe sebelum tidur, sakit yang disebabkan oleh peradangan dapat mereda dan tidak menganggu kualitas tidur malam

3. Meningkatkan kerja pencernaan

Manfaat lain dari mengonsumsi air kunyit dan jahe sebelum tidur adalah meningkatnya kemampuan kerja organ pencernaan. Kunyit dan jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu berbagai masalah pencernaan.
Mengonsumsi air jahe dan kunyit sebelum tidur dapat menenangkan sistem pencernaan dan membuatnya bekerja lebih baik bahkan saat tubuh tertidur. Dengan begitu, saat bangun tidur, kotoran di dalam tubuh siap untuk dikeluarkan.

4. Meredakan rasa nyeri

Jahe dan kunyit memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri kronis. Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan radang sendi.
Di lain sisi, jahe juga terbukti dapat mengurangi rasa nyeri dan menenangkan organ-organ tubuh. Dengan mengonsumsi kunyit dan jahe sebelum tidur, rasa nyeri pada tubuh dapat berkurang dan tidur tidak lagi tergangg

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jahe dan kunyit digunakan sebagai obat alami untuk ber
Mengapa kunyit dan jahe dapat mengurangi peradangan?
Apa manfaat kurkumin dalam kunyit?
bagai penyakit karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari virus atau bakteri tertentu. Jahe sendiri diketahui efektif melawan virus yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada bayi, anak-anak, maupun dewasa.
Kurkumin yang terdapat di dalam kunyit juga memiliki sifat anti-virus yang dapat mengurangi gejala flu yang cukup parah. Kedua bahan alami ini juga akan menjaga tubuh dari peradangan karena memiliki sifat anti-inflamasi.(RD.tb)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments